• Pendahuluan

    Not published to students
    Current

    Birokrasi memiliki peran penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Mereka yang secara langsung menjalankan tugas melayani dan menghadapi masalah masyarakat modern yang kompleks. Karena itu, birokrasi harus sehat agar bisa menjalankan peran dan fungsinya. Tapi kenyataannya, berbagai penelitian menunjukkan bahwa birokrasi di Indonesia masih berkutat dengan banyak masalah, di antaranya terkait dengan korupsi.

    Akan tetapi korupsi birokrasi tidak semuanya berasal dari inisiatif para abdi negara tersebut. Banyak kasus korupsi yang melibatkan birokrasi karena dilatarbelakangi tekanan atau paksaan pihak luar khususnya politisi. Posisi birokrasi sebagai pelaku tapi juga korban korupsi. Karena itu, upaya mereformasi birokrasi mestinya juga menyasar politisi.

    Kuliah “Birokrasi dan Korupsi” mengajak peserta untuk memetakan praktik korupsi yang dilakukan birokrasi, faktor-faktor penyebabnya, dan cara agar birokrasi tidak terjerat praktik korupsi. Pada akhir kuliah peserta diharapkan dapat mengetahui mengapa birokrasi terlibat korupsi dan memahami langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

    Ade Irawan merupakan alumnus Fakultas Pendidikan Ekonomi, Insititut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta – kini Universitas Negeri Jakarta. Selama mahasiswa, Ade Irawan bergabung dengan pers mahasiswa Didaktika. Ia bergabung Indonesia Corruption Watch (ICW) sejak masih mahasiswa dan menjadi Koordinator ICW pada tahun 2014-2015. Ade Irawan saat ini menjabat sebagai Direktur Visi Integritas. (email: adeirawan@antikorupsi.org)

    Almas Putri Sjafrina merupakan aktivis dan peneliti korupsi politik di Indonesia Corruption Watch (ICW). Ia bergabung dengan ICW sejak 2013 dan saat ini menjabat sebagai KoordinatorDivisi Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi. Almas adalah alumnus Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Airlangga – Surabaya. Ia juga aktif bergerak dalam pendidikan antikorupsi, salah satu pengelola Sekolah Anti Korupsi (SAKTI) ICW, dan berpartisipasi dalam komunitas 1000 Guru di pedalaman Nusa Tenggara Timur. Konsentrasi kajiannya adalah korupsi sektor politik. (email: almas@antikorupsi.org)

  • Korupsi dan Reformasi Birokrasi

    Not published to students
    Current
  • Download Sertifikat

    Not published to students
    Current

    Beranda Perkuliahan